Selasa, 25 September 2012

RPP AQIDAH AHLAK





KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Wr. Wb.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 mewajibkan setiap madrasah mengembangkan dan menetapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) sesuai kebutuhannya berdasarkan panduan penyusun Kurikulum dasar dan menengah yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ).
               
Perangkat Pembelajaran tersebut, menjabarkan tentang Kompetensi Dasar dari Standar Kompetensi yang ditetapkan Pemerintah.Tujuan utama Perangkat Pembelajaran ini adalah untuk memperkaya referensi atau pegangan dalam penyusunan Silabus dan RPP, mulai dari Standar isi dengan langkah-langkah seperti yang di jabarkan dalam Buku Panduan Teknis Penyusun KTSP Madrasah Ibtidaiyah.

Penulis sangat menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna, sehingga kritik dan saran dari rekan-rekan semua yang bersifat membangun sangat penulis harapkan agar dapat membuat penulis lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Akhirnya, diharapkan para penyelenggara dan pengelola dapat memanfaatkan buku ini sebaik-baiknya sehingga setiap guru mata pelajaran dapat menyusun Silabus dan RPP serta mengimplementasikan dalam proses Pembelajaran di madrasah.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.





Penulis



    DARMANSYAH














ISI

KATA PENGANTAR

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Silabus Pembelajaran

Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


































DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Silabus Pembelajaran

Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MI                               :  MIS Nurul Huda
Mata Pelajaran           :  Aqidah Akhlak
Kelas / Semester         :  VI / 1
Alokasi Waktu            :  2x40 menit ( 1 kali pertemuan )

A. Standar Kompetensi
1. Mengenal kalimat thayyibah (laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim) dan Al Asma Al Husna ( Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir)

B. Kompetensi Dasar
1.1. Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim).

C. Materi Pembelajaran
  • Pengertian kalimat thayyibah (laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim)
  • Manfaat membaca kalimat thayyibah (laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim)

D. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini di gunakan untuk memulai Kegiatan Pembelajaran terutama untuk Kegiatan awal.
  • Tanya jawab tentang kalimat Thayyibah yang siswa ketahui
  • Diskusi

E. Langkah-langkah Pembelajaran               

No
Uraian Pembelajaran
Waktu

1

Tujuan Pembelajaran :
·         Siswa dapat Menjelaskan pengertian kalimat thayyibah (laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim)
·         Siswa dapat Membaca kalimat thayyibah (laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim)
·         Siswa dapat Menjelaskan arti dari laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim
·         Siswa dapat menulis arti  kalimat thayyibah (laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim)
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar kalimat Thayyibah
Motivasi :
Memberikan informasi tentang kalimat Thayyibah

10 menit
















2

Kegiatan inti :
·         Siswa Membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah ( fase eksplorasi)
·         Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah ( fase eksplorasi )
·         Siswa di minta Berdiskusi : Menyebutkan Kalimat Thayyibah ( fase eleborasi )
·         Siswa memaparkan hasil diskusinya ( fase eleborasi )
·         Siswa dan Guru merefleksikan hasil pembelajaran ( fase konfirmasi )

60 menit

3

Kegiatan Akhir :
·         Tanya jawab tentang Kalimat Thayyibah
·         Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan

10 Menit

F. Sumber belajar dan media pembelajaran :
1.      Buku paket
2.      Referensi lain
3.      Kaset / Vcd tentang Al Asma Al Husna
4.      Lingkungan sekita

G. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompentensi
Jenis
Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen

·         Melafalkan kalimat thayyibah laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim
·         Menunjukkan pengertian kalimat thayyibah (laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim
·         Menyebutkan arti laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim
·         Menjelaskan manfaat mengucap kalimat thayyibah (laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim)

Tes tulis

Tes lisan

Non tes

Praktek

Isian

Uraian

·         Apa pengertian  kalimat thayyibah (laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim)

·         Jelaskan manfaat mengucap kalimat thayyibah (laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim)


Mengetahui                                                                Kuala Kapuas, . . . November 2011
Kepala Madrasah                                                       Guru bidang studi Aqidah Akhlak
                                                                                                                                               
           

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                                       DARMANSYAH                                                                                                                             
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MI                               :  MIS Nurul Huda
Mata Pelajaran           :  Aqidah Akhlak
Kelas / Semester         :  VI / 1
Alokasi Waktu            :  2x40 menit ( 1 kali pertemuan )

A. Standar Kompetensi
1. Mengenal kalimat thayyibah (laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim) dan Al Asma Al Husna ( Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir)

B. Kompetensi Dasar
1.2. Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Al Asma Al Husna ( Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir).

C. Materi Pembelajaran
·         Pengertian Al Asma Al Husna Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir
·         Hikmah Al Asma Al Husna Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir

D. Metode Pembelajaran
·         Ceramah : Metode ini di gunakan untuk melalui Kegiatan Pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
·         Tanya jawab tentang Kalimat thayyibah yang siswa ketahui
·         Diskusi

E. Langkah-langkah Pembelajaran

No
Uraian Pembelajaran
Waktu


Tujuan Pembelajaran :
·            Siswa dapat mendefinisikan Al Asma Al Husna ( Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir).

·            Siswa dapat Menjelaskan arti Al Asma Al Husna ( Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir).

·            Siswa dapat Menyebutkan beberapa contoh yang menunjukkan bahwa Allah bersifat ( Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir).

Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar Kalimat thayyibah



10 menit



Kegiatan inti :
·         Siswa Membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah ( fase eksplorasi)
·         Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah ( fase eksplorasi )
·         Siswa di minta Berdiskusi : Menyebutkan Kalimat Thayyibah ( fase eleborasi )
·         Siswa memaparkan hasil diskusinya ( fase eleborasi )
·         Siswa dan Guru merefleksikan hasil pembelajaran ( fase konfirmasi )

60 menit


Kegiatan Akhir :
·         Tanya jawab tentang Kalimat Thayyibah
·         Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan

10 menit

F. Sumber belajar dan media pembelajaran :

1. Buku paket
2. Referensi lain
3. Kaset / vcd tentang Al Asma Al Husna

G. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompentensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen

·         Mendefinisikan Al Asma Al Husna ( Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir).
·         Melafalkan Al Asma Al Husna ( Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir).
·         Mengartikan Al Asma Al Husna  Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir.
·         Menunjukan contoh bahwa Allah bersifat Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir.

Tes tulis


Tes lisan

Non tes

Praktek


Isian

Uraian

·         Apa definisi Al Asma Al Husna

·         Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir?
·         Jelaskan arti Al Asma Al Husna Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir!


Mengetahui                                                                Kuala Kapuas, . . . November 2011
Kepala Madrasah                                                       Guru bidang studi Aqidah Akhlak
                                                                                                                                               
           

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                                       DARMANSYAH                 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MI                               :  MIS Nurul Huda
Mata Pelajaran           :  Aqidah Akhlak
Kelas / Semester         :  VI / 1
Alokasi Waktu            :  2x40 menit ( 1 kali pertemuan )
         
A. Standar Kompetensi
2. Beriman kepada Taqdir Allah

B. Kompetensi Dasar
2.1. Mengenal adanya Qodlo dan Qodar Allah ( taqdir )

C. Materi Pembelajaran
·         Pengertian adanya Qodlo dan Qodar
·         Dalil tentang adanya Qodlo dan Qodar

D. Metode Pembelajaran
·         Ceramah : Metode ini di gunakan untuk melalui Kegiatan Pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
·         Tanya jawab tentang Kalimat thayyibah yang siswa ketahui
·         Diskusi

E. Langkah-langkah Pembelajaran

No
Uraian Pembelajaran
Waktu

1

Tujuan Pembelajaran :
·            Siswa dapat mendefinisikan Qodlo dan Qodar
·            Siswa dapat Menemukan beberapa contoh tentang Qodlo dan Qodar
·            Siswa dapat Menjelaskan tentang hikmah beriman kepada Qodlo dan Qodar


Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar Kalimat thayyibah

Motivasi :
Memberikan informasi tentang Kalimat thayyibah


10 menit

2

Kegiatan inti :
·         Siswa Membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah ( fase eksplorasi)
·         Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah ( fase eksplorasi )



60 menit




·         Siswa di minta Berdiskusi : Menyebutkan Kalimat Thayyibah ( fase eleborasi )
·         Siswa memaparkan hasil diskusinya ( fase eleborasi )
·         Siswa dan Guru merefleksikan hasil pembelajaran ( fase konfirmasi )



3

Kegiatan Akhir :
·         Tanya jawab tentang Kalimat Thayyibah
·         Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan

10 Menit

F. Sumber belajar dan media pembelajaran :

1. Buku paket
2. Referensi lain
3. Kaset / vcd tentang Al Asma Al Husna
4. Lingkungan sekitar

G. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompentensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen

·            Menjelaskan pengertian Qodlo
·            Menjelaskan pengertian Qodar
·            Menunjukan contoh Qodlo
·            Menunjukan contoh Qodlo dan Qodar
·            Menghafal dalil tentang Qodlo dan Qodar
·            Menyebutkan hikmah beriman kepada Qodlo dan Qodar

Tes tulis


Tes lisan

Non tes
Praktek


Isian

Uraian
·         Apa pengertian Qodlo dan Qoda?

·         Sebutkan hikmah beriman kepada Qodlo dan Qodar!



Mengetahui                                                                Kuala Kapuas, . . . November 2011
Kepala Madrasah                                                       Guru bidang studi Aqidah Akhlak
                                                                                                                                               
           

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                                       DARMANSYAH                                         




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MI                               :  MIS Nurul Huda
Mata Pelajaran           :  Aqidah Akhlak
Kelas / Semester         :  VI / 1
Alokasi Waktu            :  2x40 menit ( 1 kali pertemuan )
         
A. Standar Kompetensi
3.      Membiasakan Akhlak terpuji

B. Kompentensi Dasar
3.1 .    Membiasakan sifat optimis, qonaah, dan tawakkal dalam kehidupan sehari – hari melalui kisah As habul Kahfi

C. Materi Pembelajaran
·         Pengertian sifat pesimis dan putus asa
·         Dampak negatif sifat pesimis dan putus asa
·         Kisah tentang Nabi Sulaiman a.s

D. Metode Pembelajaran
·         Ceramah : Metode ini di gunakan untuk melalui Kegiatan Pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
·         Tanya jawab tentang Kalimat thayyibah yang siswa ketahui
·         Diskusi

E. Langkah-langkah Pembelajaran

No
Uraian Pembelajaran
Waktu

1

Tujuan Pembelajaran :
·            Siswa dapat Pengertian pesimis dan putus asa
·            Siswa dapat Menyebutkan ciri-ciri pesimis dan putus asa
·            Siswa dapat Menjelaskan dampak negatif dari pesimis dan putus asa
·            Siswa dapat menggali informasi tentang Kisah Nabi Sulaiman a.s dengan umatnya dan Nabi Yunus a.s dalam mempertanyakan keteguhan imannya

Kegiatan awal :
Apersepsi:
Memberikan pertanyaan seputar akhlak terpuji

Motivasi :
Memberikan informasi tentang akhlak terpuji


10 menit




2

Kegiatan inti :
·         Siswa Membaca literatur tentang akhlak terpuji( fase eksplorasi)
·         Bertanya jawab tentang akhlak terpuji( fase eksplorasi )
·         Siswa di minta Berdiskusi : Menyebutkan beriman kepada takdir Allah( fase eleborasi )
·         Siswa memaparkan hasil diskusinya ( fase eleborasi )
·         Siswa dan Guru merefleksikan hasil pembelajaran ( fase konfirmasi )

60 menit

3

Kegiatan Akhir :
·         Tanya jawab tentang akhlak terpuji
·         Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan

10 Menit

F. Sumber belajar dan media pembelajaran :

1. Buku paket
2. Referensi lain
3. Kaset / vcd tentang kisah

G. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompentensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen

·            Menyebutkan pengertian pesimis dan putus asa
·            Menyebutkan ciri-ciri sifat pesimis dan putus asa
·            Menjelaskan dampak negatif sifat pesimis dan putus asa
·            Menunjukan Contoh perilaku pesimis dan putus asa
·            Menceritakan pertolongan Allah yang di berikan kepada Nabi Sulaiman a.s dan umatnya dan Nabi Yunus a.s
·            Menyebutkan keteguhan iman Nabi Sulaiman as dan umatnya dan Nabi Yunus a.s

Tes tulis


Tes lisan

Non tes

Praktek


Isian

Uraian

Apa pengertian pesimis dan putus asa ?

Sebutkan ciri-ciri sifat pesimis dan putus asa!


Jelaskan keteguhan iman Nabi Sulaiman a.s dan umatnya dan Nabi Yunus a.s

Mengetahui                                                                Kuala Kapuas, . . . November 2011
Kepala Madrasah                                                       Guru bidang studi Aqidah Akhlak
                                                                                                                                               
           

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                                       DARMANSYAH                 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MI                               :  MIS Nurul Huda
Mata Pelajaran           :  Aqidah Akhlak
Kelas / Semester         :  VI / 2
Alokasi Waktu            :  2x40 menit ( 1 kali pertemuan )
         
A. Standar Kompetensi
Mengenal Kalimat thoiyyibah ( Istigfar ), dan Al Asma Al Husna ( Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim )

B. Kompetensi Dasar
5.1. Mengenal Allah melalui Kalimat thoiyyibah ( Istigfar )

C. Materi Pembelajaran
Pengertian kalimat thoiyyibah "astaghfirullahal 'adhiim"

Manfaat membaca kalimat thoiyyibah "astaghfirullahal 'adhiim"

D. Metode Pembelajaran
·         Ceramah : Metode ini di gunakan untuk melalui Kegiatan Pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
·         Tanya jawab tentang Kalimat thayyibah yang siswa ketahui
·         Diskusi

E. Langkah-langkah Pembelajaran

No
Uraian Pembelajaran
Waktu

1

Tujuan Pembelajaran

·            Siswa dapat Menjelaskan pengertian kalimat thoiyyibah "astaghfirullahal 'adhiim"
·            Siswa dapat Menjelaskan beberapa hal tentang keutamaan membaca Istigfar

Kegiatan Awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar kalimat thayyibah
Motivasi :
Memberikan informasi tentang kalimat thayyibah

10 menit

2

Kegiatan inti :
·         Siswa Membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah ( fase eksplorasi)
·         Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah ( fase eksplorasi )


60 menit




·         Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah ( fase eksplorasi )
·         Siswa di minta Berdiskusi : Menyebutkan Kalimat Thayyibah ( fase eleborasi )
·         Siswa memaparkan hasil diskusinya ( fase eleborasi )
·         Siswa dan Guru merefleksikan hasil pembelajaran ( fase konfirmasi )



3

Kegiatan Akhir :
·         Tanya jawab tentang kalimat thoiyyibah
·         Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan

10 Menit


F. Sumber belajar dan media pembelajaran :

1. Buku paket
2. Referensi lain
3. Poster Kalimat Thayyibah

G. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompentensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen

·         Menghafal kalimat thoiyyibah "astaghfirullahal
·         'adhiim"Menunjukan arti kalimat thoiyyibah "astaghfirullahal 'adhiim"
·         Menyebutkan hadist tentang keutamaan membaca Istigfar
·         Menjelaskan Hikmah mengucap Istigfar
·         Menunjukan kapan mengucapkan kalimat thoiyyibah "astaghfirullahal 'adhiim"

Tes tulis


Tes lisan

Non tes

Praktek


Isian

Uraian

Apa pengertian kalimat thoiyyibah "astaghfirullahal 'adhiim"?

Sebutkan Hikmah mengucap Istigfar

                                                                                                         




Mengetahui                                                                Kuala Kapuas, . . . November 2011
Kepala Madrasah                                                       Guru bidang studi Aqidah Akhlak
                                                                                                                                               
           

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                                       DARMANSYAH                                         


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


MI                               :  MIS Nurul Huda
Mata Pelajaran           :  Aqidah Akhlak
Kelas / Semester         :  VI / 2
Alokasi Waktu            :  2x40 menit ( 1 kali pertemuan )
         
A. Standar Kompetensi
Mengenal Kalimat thoiyyibah ( Istigfar ), dan Al Asma Al Husna ( Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim )

B. Kompetensi Dasar
5.1. Mengenal Allah melalui sifat –sifat Allah yang terkandung dalam Al Asma Al Husna ( Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim )

C. Materi Pembelajaran
·         Pengertian Al Asma Al Husna
·         Hikmah Al Asma Al Husna

D. Metode Pembelajaran
·         Ceramah : Metode ini di gunakan untuk melalui Kegiatan Pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
·         Tanya jawab tentang Kalimat thayyibah yang siswa ketahui
·         Diskusi

E. Langkah-langkah Pembelajan

No
Uraian Pembelajaran
Waktu

1

Tujuan Pembelajaran :
·         Siswa dapat Menjelaskan pengertian Al Asma Al Husna ( Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim )
·         Siswa dapat Memberikan beberapa Contoh atau bukti bahwa Allah bersifat Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim

Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar kalimat thoiyyibah

Motivasi :
Memberikan informasi tentang kalimat thoiyyibah


10 menit









Kegiatan inti :
·         Siswa Membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah ( fase eksplorasi)
·         Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah ( fase eksplorasi )
·         Siswa di minta Berdiskusi : Menyebutkan Kalimat Thayyibah ( fase eleborasi )
·         Siswa memaparkan hasil diskusinya ( fase eleborasi )
·         Siswa dan Guru merefleksikan hasil pembelajaran ( fase konfirmasi )

60 menit


Kegiatan Akhir :
·         Tanya jawab tentang kalimat thoiyyibah
·         Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10 menit

F. Sumber belajar dan media pembelajaran :

1. Buku paket
2. Referensi lain
3. Poster Kalimat Thayyibah

G. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompentensi
Jenis
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Contoh Instrumen

·         Menghafal Al Asma Al Husna ( Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim )
·         Menunjukan arti Al Asma Al Husna ( Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim )
·         Menunjukan Contoh atau bukti bahwa Allah bersifat Al Asma Al Husna ( Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim )

Tes tulis



Tes lisan

Non tes

Praktek



Isian

Uraian

·         Apa pengertian Al Asma Al Husna  Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim?
·         Sebutkan contoh perilaku beriman bahwa Allah bersifat Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim!


Mengetahui                                                                Kuala Kapuas, . . . November 2011
Kepala Madrasah                                                       Guru bidang studi Aqidah Akhlak
                                                                                                                                               
           

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                                       DARMANSYAH                             
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


MI                               :  MIS Nurul Huda
Mata Pelajaran           :  Aqidah Akhlak
Kelas / Semester         :  VI / 2
Alokasi Waktu            :  2x40 menit ( 1 kali pertemuan )
         
A. Standar Kompetensi
Mengenal Kalimat thoiyyibah ( Istigfar ), dan Al Asma Al Husna ( Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim )

B. Kompetensi Dasar
5.1. Mengenal Allah melalui sifat –sifat Allah yang terkandung dalam Al Asma Al Husna ( Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim )

C. Materi Pembelajaran
·         Pengertian Al Asma Al Husna
·         Hikmah Al Asma Al Husna

D. Metode Pembelajaran
·         Ceramah : Metode ini di gunakan untuk melalui Kegiatan Pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
·         Tanya jawab tentang Kalimat thayyibah yang siswa ketahui
·         Diskusi

E. Langkah-langkah Pembelajaran

No
Uraian Pembelajaran
Waktu

1

Tujuan Pembelajaran :
·         Siswa dapat Menjelaskan pengertian sabah dan taubat
·         Siswa dapat Menyebutkan ciri-ciri sabah dan taubat
·         Siswa dapat Menjelaskan tentang Kisah Nabi Ayyub a.s Nabi Adam a.s

Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar Akhlak terpuji

Motivasi :
Memberikan informasi tentang Akhlak terpuji


Kegiatan inti :
·         Siswa Membaca literatur tentang akhlak terpuji( fase eksplorasi)
·         Bertanya jawab tentang akhlak terpuji( fase eksplorasi)

10 menit
10 menit


2

·         Siswa di minta Berdiskusi : Menyebutkan beriman kepada takdir Allah( fase eleborasi )
·         Siswa memaparkan hasil diskusinya ( fase eleborasi )
·         Siswa dan Guru merefleksikan hasil pembelajaran ( fase konfirmasi )

60 menit

3

Kegiatan Akhir :
·         Tanya jawab tentang akhlak terpuji
·         Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan

10 menit


F. Sumber belajar dan media pembelajaran :

1. Buku paket
2. Referensi lain
3. VCD tentang kisah Nabi

G. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompentensi
Jenis
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Contoh Instrumen
·            Menyebutkan pengertian sabar dan taubat
·            Menyebutkan ciri - ciri orang yang sabar dan taubat
·            Menyebutkan hikmah sabar dan taubat
·            Menceritakan kisah Nabi Ayyub a.s dan kisah Nabi Adam a.s
·            Menunjukkan sikap Nabi Ayyub a.s dan kisah Nabi Adam a.s
·            Menunjukkan sikap Nabi Adam dalam menghadapi cobaan


Tes tulis


Tes lisan

Non tes

Praktek


Isian

Uraian
·         Apa pengertian sabar dan taubat ?
·         Sebutkan ciri-ciri orang sabar dan taubat ?
·         Sebutkan Hikmah sabar dan taubat !



Mengetahui                                                                Kuala Kapuas, . . . November 2011
Kepala Madrasah                                                       Guru bidang studi Aqidah Akhlak
                                                                                                                                               
           

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                                       DARMANSYAH                 





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MI                               :  MIS Nurul Huda
Mata Pelajaran           :  Aqidah Akhlak
Kelas / Semester         :  VI / 2
Alokasi Waktu            :  2x40 menit ( 1 kali pertemuan )
         
A. Standar Kompetensi
Mengenal Kalimat thoiyyibah ( Istigfar ), dan Al Asma Al Husna ( Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim )

B. Kompetensi Dasar
6.1. Mengenal Allah melalui sifat –sifat Allah yang terkandung dalam Al Asma Al Husna ( Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim )

C. Materi Pembelajaran
·         Pengertian Al Asma Al Husna
·         Hikmah Al Asma Al Husna

D. Metode Pembelajaran
·         Ceramah : Metode ini di gunakan untuk melalui Kegiatan Pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
·         Tanya jawab tentang Kalimat thayyibah yang siswa ketahui
·         Diskusi

E. Langkah-langkah Pembelajaran

No
Uraian Pembelajaran
Waktu

1

Tujuan Pembelajaran :
·         Siswa dapat Menjelaskan tentang akhlak terhadap binatang dan tumbuhan
·         Siswa dapat Menyebutkan contoh-contoh berakhlak baik terhadap binatang dan tumbuhan
·         Siswa dapat Menyebutkan usaha-usaha untuk melestarikan binatang dan tumbuhan

Kegiatan awal :
Memberikan pertanyaan seputar akhlak terpuji


Motivasi :
Memberikan informasi tentang akhlak terpuji

10 menit

2

Kegiatan inti :
·         Siswa Membaca literatur tentang akhlak terpuji( fase eksplorasi)
·         Bertanya jawab tentang akhlak terpuji( fase eksplorasi )
·         Siswa di minta Berdiskusi : Menyebutkan beriman kepada takdir Allah( fase eleborasi )
·         Siswa memaparkan hasil diskusinya ( fase eleborasi )
·         Siswa dan Guru merefleksikan hasil pembelajaran ( fase konfirmasi )

60 menit

3

Kegiatan Akhir :
·         Tanya jawab tentang akhlak terpuji
·         Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan

10 Menit


F. Sumber belajar dan media pembelajaran :

1. Buku paket
2. Cerita hewan dan tumbuhan
3. Vcd flora dan fauna

G. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompentensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
·         Menyebutkan pengertian akhlak baik kepada binatang dan tumbuhan
·         Menunjukkan dalil tentang akhlak kepada binatang dan tumbuhan
·         Memberikan contoh - contoh berakhlak baik kepada binatang dan tumbuhan
·         Menunjukkan akibat tidak berakhlak baik kepada binatang dan tumbuhan
·         Menyebutkan usaha - usaha untuk melestarikan binatang dan tumbuhan

Tes tulis


Tes lisan

Non tes

Praktek


Isian

Uraian
Apa pengertian akhlak baik kepada binatang dan tumbuhan ?

Sebutkan contoh-contoh berakhlak baik terhadap tumbuhan dan binatang !




Mengetahui                                                                Kuala Kapuas, . . . November 2011
Kepala Madrasah                                                       Guru bidang studi Aqidah Akhlak
                                                                                                                                               
           

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                                       DARMANSYAH                 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MI                               :  MIS Nurul Huda
Mata Pelajaran           :  Aqidah Akhlak
Kelas / Semester         :  VI / 2
Alokasi Waktu            :  2x40 menit ( 1 kali pertemuan )
         
A. Standar Kompetensi
Menghindari Akhlak tercela

B. Kompetensi Dasar
7. Membisakan diri untuk menghindari sifat marah, fasik dan murtad dalam kehidupn sehari – hari

C. Materi Pembelajaran
·         Arti marah, fasik dan murtad
·         Dalil tentang marah, fasik dan murtad
·         Hikmah menghindari sifat marah, fasik dan murtad

D. Metode Pembelajaran
·         Ceramah : Metode ini di gunakan untuk melalui Kegiatan Pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
·         Tanya jawab tentang Kalimat thayyibah yang siswa ketahui
·         Diskusi

E. Langkah-langkah Pembelajaran

No
Uraian Pembelajaran
Waktu

1

Tujuan Pembelajaran :
·         Siswa dapat Menjelaskan pengertian tentang sifat marah, fasik dan murtad
·         Siswa dapat Menyebutkan beberapa contoh-contoh sifat marah, fasik dan murtad



Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar akhlak tercela

Motivasi :
Memberikaninformasi tentang akhlak tercela

10 menit

2

Kegiatan inti :
·         Siswa Membaca literatur tentang akhlak tercela( fase eksplorasi)
·         Bertanya jawab tentang akhlak tecelai( fase eksplorasi )
·         Siswa di minta Berdiskusi : Menyebutkan akhlak tercela( fase eleborasi )
·         Siswa memaparkan hasil diskusinya ( fase eleborasi )
·         Siswa dan Guru merefleksikan hasil pembelajaran ( fase konfirmasi )

60 menit

3

Kegiatan Akhir :
·         Tanya jawab tentang akhlak tercela
·         Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan

10 Menit


F. Sumber belajar dan media pembelajaran :

1. Buku paket
2. Al Quran terjemahApa pengertian sifat marah, fasik dan murtad


G. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompentensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen

·          Menjelaskan pengertian sifat marah, fasik dan murtad
·          Menunjukkan dalil sifat marah, fasik dan murtad
·          Menunjukkan contoh sifat - sifat orang yang marah, fasik dan murtad

·          Menjelaskan cara - cara menghindari sifat marah, fasik dan murtad
·          Menunjukkan manfaat menghindari sifat marah, fasik dan murtad

Tes tulis


Tes lisan

Non tes

Praktek


Isian

Uraian
·         Apa pengertian sifat marah, fasik dan murtad
·          

·         Sebutkan
contoh sifat orang yang marah, fasik dan murtad !
·         Jelaskan cara-cara menghindari sifat marah, fasik dan murtad !




Mengetahui                                                                Kuala Kapuas, . . . November 2011
Kepala Madrasah                                                       Guru bidang studi Aqidah Akhlak
                                                                                                                                               
           

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                                       DARMANSYAH                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar