KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.
Wb.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 mewajibkan
setiap madrasah mengembangkan dan menetapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
( KTSP ) sesuai kebutuhannya berdasarkan panduan penyusun Kurikulum dasar dan
menengah yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ).
Perangkat Pembelajaran tersebut, menjabarkan tentang Kompetensi Dasar
dari Standar Kompetensi yang ditetapkan Pemerintah.Tujuan utama Perangkat
Pembelajaran ini adalah untuk memperkaya referensi atau pegangan dalam
penyusunan Silabus dan RPP, mulai dari Standar isi dengan langkah-langkah
seperti yang di jabarkan dalam Buku Panduan Teknis Penyusun KTSP Madrasah
Ibtidaiyah.
Penulis sangat menyadari bahwa
penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna, sehingga kritik dan saran dari
rekan-rekan semua yang bersifat membangun sangat penulis harapkan agar dapat
membuat penulis lebih baik lagi dimasa yang akan datang.
Akhirnya, diharapkan para penyelenggara dan pengelola dapat
memanfaatkan buku ini sebaik-baiknya sehingga setiap guru mata pelajaran dapat
menyusun Silabus dan RPP serta mengimplementasikan dalam proses Pembelajaran di
madrasah.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Penulis
DARMANSYAH
ISI
KATA PENGANTAR
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Silabus Pembelajaran
Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Silabus
Pembelajaran
Rancangan
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI : MIS Nurul Huda
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas / Semester
:
VI / 1
Alokasi Waktu :
2x40 menit ( 1 kali pertemuan )
A. Standar Kompetensi
1. Mengenal kalimat
thayyibah (laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim) dan Al Asma
Al Husna ( Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir)
B. Kompetensi
Dasar
1.1. Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (laa khaula walaa
quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim).
C. Materi
Pembelajaran
- Pengertian kalimat thayyibah (laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim)
- Manfaat membaca kalimat thayyibah (laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim)
D. Metode
Pembelajaran
- Ceramah : Metode ini di gunakan untuk memulai Kegiatan Pembelajaran terutama untuk Kegiatan awal.
- Tanya jawab tentang kalimat Thayyibah yang siswa ketahui
- Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Pembelajaran
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa dapat Menjelaskan pengertian kalimat thayyibah
(laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim)
·
Siswa dapat Membaca kalimat thayyibah (laa khaula
walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim)
·
Siswa dapat Menjelaskan arti dari laa khaula walaa
quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim
·
Siswa dapat menulis arti kalimat thayyibah (laa khaula walaa quwwata
illa billahil a'liyil 'adhiim)
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar kalimat
Thayyibah
Motivasi :
Memberikan informasi tentang kalimat
Thayyibah
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti :
·
Siswa Membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah (
fase eksplorasi)
·
Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah ( fase
eksplorasi )
·
Siswa di minta Berdiskusi : Menyebutkan Kalimat
Thayyibah ( fase eleborasi )
·
Siswa memaparkan hasil diskusinya ( fase eleborasi )
·
Siswa dan Guru merefleksikan hasil pembelajaran (
fase konfirmasi )
|
60 menit
|
3
|
Kegiatan Akhir :
·
Tanya jawab tentang Kalimat Thayyibah
·
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu
surat pendek sebagai pengamalan
|
10 Menit
|
F. Sumber
belajar dan media pembelajaran :
1.
Buku paket
2.
Referensi
lain
3.
Kaset /
Vcd tentang Al Asma Al Husna
4.
Lingkungan
sekita
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompentensi
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
·
Melafalkan kalimat thayyibah laa khaula walaa
quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim
·
Menyebutkan arti laa khaula walaa quwwata illa
billahil a'liyil 'adhiim
·
Menjelaskan manfaat mengucap kalimat thayyibah (laa
khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim)
|
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Praktek
Isian
Uraian
|
·
Apa pengertian
kalimat thayyibah (laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil
'adhiim)
·
Jelaskan manfaat mengucap kalimat thayyibah (laa
khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim)
|
Mengetahui Kuala
Kapuas, . . . November 2011
Kepala Madrasah Guru
bidang studi Aqidah Akhlak
. . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . DARMANSYAH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI : MIS Nurul Huda
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas / Semester
:
VI / 1
Alokasi Waktu :
2x40 menit ( 1 kali pertemuan )
A. Standar Kompetensi
1. Mengenal kalimat
thayyibah (laa khaula walaa quwwata illa billahil a'liyil 'adhiim) dan Al Asma
Al Husna ( Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir)
B. Kompetensi
Dasar
1.2. Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang
terkandung dalam Al Asma Al Husna ( Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al
Qodir).
C. Materi
Pembelajaran
·
Pengertian
Al Asma Al Husna Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir
·
Hikmah Al
Asma Al Husna Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir
D. Metode
Pembelajaran
·
Ceramah :
Metode ini di gunakan untuk melalui Kegiatan Pembelajaran terutama untuk
kegiatan awal.
·
Tanya
jawab tentang Kalimat thayyibah yang siswa ketahui
·
Diskusi
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Pembelajaran
|
Waktu
|
|
Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa dapat mendefinisikan Al Asma Al Husna ( Al
Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir).
·
Siswa dapat Menjelaskan arti Al Asma Al Husna ( Al
Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir).
·
Siswa dapat Menyebutkan beberapa contoh yang
menunjukkan bahwa Allah bersifat ( Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al
Qodir).
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar Kalimat thayyibah
|
10 menit
|
|
Kegiatan inti :
·
Siswa Membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah (
fase eksplorasi)
·
Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah ( fase
eksplorasi )
·
Siswa di minta Berdiskusi : Menyebutkan Kalimat
Thayyibah ( fase eleborasi )
·
Siswa memaparkan hasil diskusinya ( fase eleborasi )
·
Siswa dan Guru merefleksikan hasil pembelajaran (
fase konfirmasi )
|
60 menit
|
|
Kegiatan Akhir :
·
Tanya jawab tentang Kalimat Thayyibah
·
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu
surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F. Sumber
belajar dan media pembelajaran :
1. Buku paket
2. Referensi
lain
3. Kaset / vcd tentang
Al Asma Al Husna
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompentensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
·
Mendefinisikan Al Asma Al Husna ( Al Qowwiy, Al
Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir).
·
Melafalkan Al Asma Al Husna ( Al Qowwiy, Al Hakim,
Al Mushawwir dan Al Qodir).
·
Mengartikan Al Asma Al Husna Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al
Qodir.
·
Menunjukan contoh bahwa Allah bersifat Al Qowwiy, Al
Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir.
|
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Praktek
Isian
Uraian
|
·
Apa definisi Al Asma Al Husna
·
Al Qowwiy, Al Hakim, Al Mushawwir dan Al Qodir?
·
Jelaskan arti Al Asma Al Husna Al Qowwiy, Al Hakim,
Al Mushawwir dan Al Qodir!
|
Mengetahui Kuala
Kapuas, . . . November 2011
Kepala Madrasah Guru
bidang studi Aqidah Akhlak
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . DARMANSYAH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI : MIS Nurul Huda
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas / Semester
:
VI / 1
Alokasi Waktu :
2x40 menit ( 1 kali pertemuan )
A. Standar
Kompetensi
2. Beriman kepada Taqdir Allah
B. Kompetensi
Dasar
2.1. Mengenal adanya Qodlo dan Qodar Allah ( taqdir )
C. Materi
Pembelajaran
·
Pengertian
adanya Qodlo dan Qodar
·
Dalil
tentang adanya Qodlo dan Qodar
D. Metode
Pembelajaran
·
Ceramah :
Metode ini di gunakan untuk melalui Kegiatan Pembelajaran terutama untuk
kegiatan awal.
·
Tanya
jawab tentang Kalimat thayyibah yang siswa ketahui
·
Diskusi
E. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Pembelajaran
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa dapat mendefinisikan Qodlo dan Qodar
·
Siswa dapat Menemukan beberapa contoh tentang Qodlo
dan Qodar
·
Siswa dapat Menjelaskan tentang hikmah beriman
kepada Qodlo dan Qodar
Kegiatan awal :
Apersepsi
:
Memberikan pertanyaan seputar Kalimat
thayyibah
Motivasi :
Memberikan informasi tentang Kalimat thayyibah
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti :
·
Siswa Membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah (
fase eksplorasi)
·
Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah ( fase
eksplorasi )
|
60 menit
|
|
·
Siswa di minta Berdiskusi : Menyebutkan Kalimat
Thayyibah ( fase eleborasi )
·
Siswa memaparkan hasil diskusinya ( fase eleborasi )
·
Siswa dan Guru merefleksikan hasil pembelajaran (
fase konfirmasi )
|
|
3
|
Kegiatan Akhir :
·
Tanya jawab tentang Kalimat Thayyibah
·
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu
surat pendek sebagai pengamalan
|
10 Menit
|
F. Sumber
belajar dan media pembelajaran :
1. Buku paket
2. Referensi
lain
3. Kaset / vcd
tentang Al Asma Al Husna
4. Lingkungan
sekitar
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompentensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
·
Menjelaskan pengertian Qodlo
·
Menjelaskan pengertian Qodar
·
Menunjukan contoh Qodlo
·
Menunjukan contoh Qodlo dan Qodar
·
Menghafal dalil tentang Qodlo dan Qodar
·
Menyebutkan hikmah beriman kepada Qodlo dan Qodar
|
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Praktek
Isian
Uraian
|
·
Apa pengertian Qodlo dan Qoda?
·
Sebutkan hikmah beriman kepada Qodlo dan Qodar!
|
Mengetahui Kuala
Kapuas, . . . November 2011
Kepala Madrasah Guru
bidang studi Aqidah Akhlak
. . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . DARMANSYAH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI : MIS Nurul Huda
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas / Semester
:
VI / 1
Alokasi Waktu :
2x40 menit ( 1 kali pertemuan )
A. Standar
Kompetensi
3. Membiasakan Akhlak terpuji
B. Kompentensi
Dasar
3.1 . Membiasakan sifat optimis,
qonaah, dan tawakkal dalam kehidupan sehari – hari melalui kisah As habul Kahfi
C. Materi
Pembelajaran
·
Pengertian
sifat pesimis dan putus asa
·
Dampak negatif
sifat pesimis dan putus asa
·
Kisah
tentang Nabi Sulaiman a.s
D. Metode
Pembelajaran
·
Ceramah :
Metode ini di gunakan untuk melalui Kegiatan Pembelajaran terutama untuk
kegiatan awal.
·
Tanya
jawab tentang Kalimat thayyibah yang siswa ketahui
·
Diskusi
E. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Pembelajaran
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa dapat Pengertian pesimis dan putus asa
·
Siswa dapat Menyebutkan ciri-ciri pesimis dan putus
asa
·
Siswa dapat Menjelaskan dampak negatif dari pesimis
dan putus asa
·
Siswa dapat menggali informasi tentang Kisah Nabi
Sulaiman a.s dengan umatnya dan Nabi Yunus a.s dalam mempertanyakan keteguhan
imannya
Kegiatan awal :
Apersepsi:
Memberikan pertanyaan seputar akhlak terpuji
Motivasi :
Memberikan informasi tentang akhlak terpuji
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti :
·
Siswa Membaca literatur tentang akhlak terpuji( fase
eksplorasi)
·
Bertanya jawab tentang akhlak terpuji( fase
eksplorasi )
·
Siswa di minta Berdiskusi : Menyebutkan beriman
kepada takdir Allah( fase eleborasi )
·
Siswa memaparkan hasil diskusinya ( fase eleborasi )
·
Siswa dan Guru merefleksikan hasil pembelajaran (
fase konfirmasi )
|
60 menit
|
3
|
Kegiatan Akhir :
·
Tanya jawab tentang akhlak terpuji
·
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu
surat pendek sebagai pengamalan
|
10 Menit
|
F. Sumber
belajar dan media pembelajaran :
1. Buku paket
2. Referensi
lain
3. Kaset / vcd
tentang kisah
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompentensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
·
Menyebutkan pengertian pesimis dan putus asa
·
Menyebutkan ciri-ciri sifat pesimis dan putus asa
·
Menjelaskan dampak negatif sifat pesimis dan putus
asa
·
Menunjukan Contoh perilaku pesimis dan putus asa
·
Menceritakan pertolongan Allah yang di berikan
kepada Nabi Sulaiman a.s dan umatnya dan Nabi Yunus a.s
·
Menyebutkan keteguhan iman Nabi Sulaiman as dan
umatnya dan Nabi Yunus a.s
|
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Praktek
Isian
Uraian
|
Apa pengertian pesimis dan putus asa ?
Sebutkan ciri-ciri sifat pesimis dan putus asa!
Jelaskan keteguhan iman Nabi Sulaiman a.s dan
umatnya dan Nabi Yunus a.s
|
Mengetahui Kuala
Kapuas, . . . November 2011
Kepala Madrasah Guru
bidang studi Aqidah Akhlak
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . DARMANSYAH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI : MIS Nurul Huda
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas / Semester
:
VI / 2
Alokasi Waktu :
2x40 menit ( 1 kali pertemuan )
A. Standar
Kompetensi
Mengenal Kalimat
thoiyyibah ( Istigfar ), dan Al Asma Al Husna ( Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al
Halim )
B. Kompetensi
Dasar
5.1. Mengenal
Allah melalui Kalimat thoiyyibah ( Istigfar )
C. Materi
Pembelajaran
Pengertian
kalimat thoiyyibah "astaghfirullahal 'adhiim"
Manfaat membaca
kalimat thoiyyibah "astaghfirullahal 'adhiim"
D. Metode
Pembelajaran
·
Ceramah :
Metode ini di gunakan untuk melalui Kegiatan Pembelajaran terutama untuk
kegiatan awal.
·
Tanya
jawab tentang Kalimat thayyibah yang siswa ketahui
·
Diskusi
E. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Pembelajaran
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat Menjelaskan pengertian kalimat
thoiyyibah "astaghfirullahal 'adhiim"
·
Siswa dapat Menjelaskan beberapa hal tentang
keutamaan membaca Istigfar
Kegiatan Awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar kalimat thayyibah
Motivasi :
Memberikan informasi tentang kalimat thayyibah
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti :
·
Siswa Membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah (
fase eksplorasi)
·
Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah ( fase
eksplorasi )
|
60 menit
|
|
·
Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah ( fase
eksplorasi )
·
Siswa di minta Berdiskusi : Menyebutkan Kalimat
Thayyibah ( fase eleborasi )
·
Siswa memaparkan hasil diskusinya ( fase eleborasi )
·
Siswa dan Guru merefleksikan hasil pembelajaran (
fase konfirmasi )
|
|
3
|
Kegiatan Akhir :
·
Tanya jawab tentang kalimat thoiyyibah
·
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu
surat pendek sebagai pengamalan
|
10 Menit
|
F. Sumber
belajar dan media pembelajaran :
1. Buku paket
2. Referensi
lain
3. Poster
Kalimat Thayyibah
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompentensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
·
Menghafal kalimat thoiyyibah "astaghfirullahal
·
'adhiim"Menunjukan arti kalimat thoiyyibah
"astaghfirullahal 'adhiim"
·
Menyebutkan hadist tentang keutamaan membaca
Istigfar
·
Menjelaskan Hikmah mengucap Istigfar
·
Menunjukan kapan mengucapkan kalimat thoiyyibah
"astaghfirullahal 'adhiim"
|
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Praktek
Isian
Uraian
|
Apa pengertian kalimat thoiyyibah
"astaghfirullahal 'adhiim"?
Sebutkan Hikmah mengucap Istigfar
|
Mengetahui Kuala
Kapuas, . . . November 2011
Kepala Madrasah Guru
bidang studi Aqidah Akhlak
. . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . DARMANSYAH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI : MIS Nurul Huda
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas / Semester
:
VI / 2
Alokasi Waktu :
2x40 menit ( 1 kali pertemuan )
A. Standar Kompetensi
Mengenal Kalimat
thoiyyibah ( Istigfar ), dan Al Asma Al Husna ( Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al
Halim )
B. Kompetensi
Dasar
5.1. Mengenal
Allah melalui sifat –sifat Allah yang terkandung dalam Al Asma Al Husna ( Al
Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim )
C. Materi
Pembelajaran
·
Pengertian
Al Asma Al Husna
·
Hikmah Al
Asma Al Husna
D. Metode
Pembelajaran
·
Ceramah :
Metode ini di gunakan untuk melalui Kegiatan Pembelajaran terutama untuk
kegiatan awal.
·
Tanya
jawab tentang Kalimat thayyibah yang siswa ketahui
·
Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajan
No
|
Uraian Pembelajaran
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa dapat Menjelaskan pengertian Al Asma Al Husna
( Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim )
·
Siswa dapat Memberikan beberapa Contoh atau bukti
bahwa Allah bersifat Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar kalimat thoiyyibah
Motivasi :
Memberikan informasi tentang kalimat thoiyyibah
|
10 menit
|
|
Kegiatan inti :
·
Siswa Membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah (
fase eksplorasi)
·
Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah ( fase
eksplorasi )
·
Siswa di minta Berdiskusi : Menyebutkan Kalimat
Thayyibah ( fase eleborasi )
·
Siswa memaparkan hasil diskusinya ( fase eleborasi )
·
Siswa dan Guru merefleksikan hasil pembelajaran (
fase konfirmasi )
|
60 menit
|
|
Kegiatan Akhir :
·
Tanya jawab tentang kalimat thoiyyibah
·
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu
surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F. Sumber
belajar dan media pembelajaran :
1. Buku paket
2. Referensi
lain
3. Poster
Kalimat Thayyibah
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompentensi
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
·
Menghafal Al Asma Al Husna ( Al Ghoffuur, Ash Shobuur
dan Al Halim )
·
Menunjukan arti Al Asma Al Husna ( Al Ghoffuur, Ash
Shobuur dan Al Halim )
·
Menunjukan Contoh atau bukti bahwa Allah bersifat Al
Asma Al Husna ( Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim )
|
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Praktek
Isian
Uraian
|
·
Apa pengertian Al Asma Al Husna Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim?
·
Sebutkan contoh perilaku beriman bahwa Allah
bersifat Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim!
|
Mengetahui Kuala
Kapuas, . . . November 2011
Kepala Madrasah Guru
bidang studi Aqidah Akhlak
. . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . DARMANSYAH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI : MIS Nurul Huda
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas / Semester
:
VI / 2
Alokasi Waktu :
2x40 menit ( 1 kali pertemuan )
A. Standar
Kompetensi
Mengenal Kalimat
thoiyyibah ( Istigfar ), dan Al Asma Al Husna ( Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al
Halim )
B. Kompetensi
Dasar
5.1. Mengenal
Allah melalui sifat –sifat Allah yang terkandung dalam Al Asma Al Husna ( Al
Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim )
C. Materi
Pembelajaran
·
Pengertian
Al Asma Al Husna
·
Hikmah Al
Asma Al Husna
D. Metode
Pembelajaran
·
Ceramah :
Metode ini di gunakan untuk melalui Kegiatan Pembelajaran terutama untuk
kegiatan awal.
·
Tanya
jawab tentang Kalimat thayyibah yang siswa ketahui
·
Diskusi
E. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Pembelajaran
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa dapat Menjelaskan pengertian sabah dan taubat
·
Siswa dapat Menyebutkan ciri-ciri sabah dan taubat
·
Siswa dapat Menjelaskan tentang Kisah Nabi Ayyub a.s
Nabi Adam a.s
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar Akhlak terpuji
Motivasi :
Memberikan informasi tentang Akhlak terpuji
Kegiatan inti :
·
Siswa Membaca literatur tentang akhlak terpuji( fase
eksplorasi)
·
Bertanya jawab tentang akhlak terpuji( fase
eksplorasi)
|
10 menit
10 menit
|
2
|
·
Siswa di minta Berdiskusi : Menyebutkan beriman
kepada takdir Allah( fase eleborasi )
·
Siswa memaparkan hasil diskusinya ( fase eleborasi )
·
Siswa dan Guru merefleksikan hasil pembelajaran (
fase konfirmasi )
|
60 menit
|
3
|
Kegiatan Akhir :
·
Tanya jawab tentang akhlak terpuji
·
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu
surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F. Sumber
belajar dan media pembelajaran :
1. Buku paket
2. Referensi
lain
3. VCD tentang
kisah Nabi
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompentensi
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
·
Menyebutkan pengertian sabar dan taubat
·
Menyebutkan ciri - ciri orang yang sabar dan taubat
·
Menyebutkan hikmah sabar dan taubat
·
Menceritakan kisah Nabi Ayyub a.s dan kisah Nabi
Adam a.s
·
Menunjukkan sikap Nabi Ayyub a.s dan kisah Nabi Adam
a.s
·
Menunjukkan sikap Nabi Adam dalam menghadapi cobaan
|
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Praktek
Isian
Uraian
|
·
Apa pengertian sabar dan taubat ?
·
Sebutkan ciri-ciri orang sabar dan taubat ?
·
Sebutkan Hikmah sabar dan taubat !
|
Mengetahui Kuala
Kapuas, . . . November 2011
Kepala Madrasah Guru
bidang studi Aqidah Akhlak
. . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . DARMANSYAH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI : MIS Nurul Huda
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas / Semester
:
VI / 2
Alokasi Waktu :
2x40 menit ( 1 kali pertemuan )
A. Standar
Kompetensi
Mengenal Kalimat
thoiyyibah ( Istigfar ), dan Al Asma Al Husna ( Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al
Halim )
B. Kompetensi
Dasar
6.1. Mengenal
Allah melalui sifat –sifat Allah yang terkandung dalam Al Asma Al Husna ( Al
Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim )
C. Materi
Pembelajaran
·
Pengertian
Al Asma Al Husna
·
Hikmah Al
Asma Al Husna
D. Metode
Pembelajaran
·
Ceramah :
Metode ini di gunakan untuk melalui Kegiatan Pembelajaran terutama untuk
kegiatan awal.
·
Tanya
jawab tentang Kalimat thayyibah yang siswa ketahui
·
Diskusi
E. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Pembelajaran
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa dapat Menjelaskan tentang akhlak terhadap
binatang dan tumbuhan
·
Siswa dapat Menyebutkan contoh-contoh berakhlak baik
terhadap binatang dan tumbuhan
·
Siswa dapat Menyebutkan usaha-usaha untuk
melestarikan binatang dan tumbuhan
Kegiatan awal :
Memberikan pertanyaan seputar akhlak terpuji
Motivasi :
Memberikan informasi tentang akhlak terpuji
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti :
·
Siswa Membaca literatur tentang akhlak terpuji( fase
eksplorasi)
·
Bertanya jawab tentang akhlak terpuji( fase
eksplorasi )
·
Siswa di minta Berdiskusi : Menyebutkan beriman
kepada takdir Allah( fase eleborasi )
·
Siswa memaparkan hasil diskusinya ( fase eleborasi )
·
Siswa dan Guru merefleksikan hasil pembelajaran (
fase konfirmasi )
|
60 menit
|
3
|
Kegiatan Akhir :
·
Tanya jawab tentang akhlak terpuji
·
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu
surat pendek sebagai pengamalan
|
10 Menit
|
F. Sumber
belajar dan media pembelajaran :
1. Buku paket
2. Cerita hewan
dan tumbuhan
3. Vcd flora dan
fauna
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompentensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
·
Menyebutkan pengertian akhlak baik kepada binatang
dan tumbuhan
·
Menunjukkan dalil tentang akhlak kepada binatang dan
tumbuhan
·
Memberikan contoh - contoh berakhlak baik kepada
binatang dan tumbuhan
·
Menunjukkan akibat tidak berakhlak baik kepada
binatang dan tumbuhan
·
Menyebutkan usaha - usaha untuk melestarikan
binatang dan tumbuhan
|
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Praktek
Isian
Uraian
|
Apa pengertian akhlak baik kepada binatang dan
tumbuhan ?
Sebutkan contoh-contoh berakhlak baik terhadap
tumbuhan dan binatang !
|
Mengetahui Kuala
Kapuas, . . . November 2011
Kepala Madrasah Guru
bidang studi Aqidah Akhlak
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . DARMANSYAH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI : MIS Nurul Huda
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas / Semester
:
VI / 2
Alokasi Waktu :
2x40 menit ( 1 kali pertemuan )
A. Standar
Kompetensi
Menghindari
Akhlak tercela
B. Kompetensi
Dasar
7. Membisakan
diri untuk menghindari sifat marah, fasik dan murtad dalam kehidupn sehari –
hari
C. Materi
Pembelajaran
·
Arti
marah, fasik dan murtad
·
Dalil
tentang marah, fasik dan murtad
·
Hikmah
menghindari sifat marah, fasik dan murtad
D. Metode
Pembelajaran
·
Ceramah :
Metode ini di gunakan untuk melalui Kegiatan Pembelajaran terutama untuk
kegiatan awal.
·
Tanya
jawab tentang Kalimat thayyibah yang siswa ketahui
·
Diskusi
E. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Pembelajaran
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa dapat Menjelaskan pengertian tentang sifat
marah, fasik dan murtad
·
Siswa dapat Menyebutkan beberapa contoh-contoh sifat
marah, fasik dan murtad
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar akhlak tercela
Motivasi :
Memberikaninformasi tentang akhlak tercela
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti :
·
Siswa Membaca literatur tentang akhlak tercela( fase
eksplorasi)
·
Bertanya jawab tentang akhlak tecelai( fase
eksplorasi )
·
Siswa di minta Berdiskusi : Menyebutkan akhlak
tercela( fase eleborasi )
·
Siswa memaparkan hasil diskusinya ( fase eleborasi )
·
Siswa dan Guru merefleksikan hasil pembelajaran (
fase konfirmasi )
|
60 menit
|
3
|
Kegiatan Akhir :
·
Tanya jawab tentang akhlak tercela
·
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu
surat pendek sebagai pengamalan
|
10 Menit
|
F. Sumber
belajar dan media pembelajaran :
1. Buku paket
2. Al Quran terjemahApa
pengertian sifat marah, fasik dan murtad
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompentensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
·
Menjelaskan pengertian sifat marah, fasik dan murtad
·
Menunjukkan dalil sifat marah, fasik dan murtad
·
Menunjukkan contoh sifat - sifat orang yang marah,
fasik dan murtad
·
Menjelaskan cara - cara menghindari sifat marah,
fasik dan murtad
·
Menunjukkan manfaat menghindari sifat marah, fasik
dan murtad
|
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Praktek
Isian
Uraian
|
·
Apa pengertian sifat marah, fasik dan murtad
·
·
Sebutkan
contoh
sifat orang yang marah, fasik dan murtad !
·
Jelaskan cara-cara menghindari sifat marah, fasik
dan murtad !
|
Mengetahui Kuala
Kapuas, . . . November 2011
Kepala Madrasah Guru
bidang studi Aqidah Akhlak
. . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . DARMANSYAH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar