Selasa, 25 September 2012
RPP
MAKALAH
Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah “Filsafat Pendidikan Islam”…
Dosen Pembimbing : MUHAMMAD ILMI, S.Pd.I
Lokal/Semester : C / IV “(eksekutive)”
Oleh :
Kelompok VII
1. Rian Arif 6. Sri Utami
2. Syaifullah 7. Siti Zakiyah
3. Raudah 8. Siti Fatimah
4. Rini Vebriani 9. Siti S. Puji Astuti
5. Syarifah 10.
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
KUALA KAPUAS
2012
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu,
Dengan mengucap syukur alhamdulillah berkat rahmat Allah SWT, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah kami yang berjudul “Hakikat Evaluasi Pendidikan” dengan baik dan tepat waktu.
Dalam penyusunan makalah ini, tidak sedikit hambatan yang kami hadapi, namun dengan semangat dan kerja sama antara kami tim penyusun dan dibantu semua pihak akhirnya penyusunan makalah ini terselesaikan dengan baik.
Dalam kesempatan ini kami menyampaikan rasa terimakasih kami kepada Bpk. H. MUHAMMAD ILMI, S.Pd.I selaku Dosen mata kuliah FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM yang telah membantu mengarahkan dan memberi batasan penyusunan materi makalah kami, serta terimakasih pula kepada rekan-rekan mahasiswa kelas IV/C Jurusan Tarbiyah Agama Islam Angkatan 2010 STAI Kuala Kapuas yang turut memberikan informasinya baik secara langung maupun tidak langsung.
Kami sangat menyadari bahwa penyusunan maklah ini masih jauh dari sempurna, sehingga kritik dan saran dari rekan-rekan semua yang bersifat membangun sangat kami harapkan agar dapat membuat kami lebih baik lagi dimasa yang akan datang.
Kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kami sendiri khususnya dan dapat memberikan manfaat pula bagi pembaca dan pendengar pada umumnya.
Kuala Kapuas, Maret 2012
Penyusun
DAFTAR ISI
COVER ...................................................................................................................................... 1
KATA PENGANTAR....................................................................................................................... 2
DAFTAR ISI ................................................................................................................................ 3
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar belakang masalah ..................................................................... 4
B. Rumusan masalah .............................................................................. 4
C. Tujuan penulisan ................................................................................ 4
BAB II : HAKIKAT EVALUASI PENDIDIKAN
A. Pengertian Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi………………... 5
B. Penilaian Pendidikan………………………………………………………. 5
C. Manfaat Evaluasi.................................................................................. 6
D. Tujuan evaluasi…………………………………………………………….... 6
E. Ciri – Ciri Penilaian dalam Pendidikan………………………….... 7
F. Evaluasi dalam Pendidikan Islam……………………………………… 7
BAB III : PENUTUP
A. Kesimpulan ......................................................................................... 9
B. Saran-saran ........................................................................................... 9
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................................... 10
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pendidikan memegang peranan penting. Keberhasilan proses pendidikan secara langsung akan berdampak pada peningkatan kualitas sumber daya manusia tersebut. Salah satu indicator kualitas pendidikan yang baik adalah lulusannya yang berkompeten atau kompetensi lulusan.
Kompetensi merupakan fungsi dari banyak variable antara lain kemampuan peserta didik, fasilitas, manajemen, dan perkembangan pengetahuan ilmiah, teknologi serta seni.
Ruang lingkup pendidikan sangat luas, mulai dari masukan (input), proses sampai hasilnya (output). Untuk mengetahui bahwa proses yang kita lakukan itu sesuai dengan tujuannya maka harus dilakukan umpan balik. Salah satu bentuk umpan balik yang dilakukan adalah evaluasi.
Mengingat pentingnya evaluasi tersebut, maka kami bermaksud mencoba mengemukakan tentang evaluasi, khususnya hakikat evaluasi dalam pendidikan.
B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah kami yaitu :
1. Apa yang dimaksud dengan pengukuran, penilaian dan evaluasi.
2. Apa yamg dimaksud penilaian pendidikan dan apa saja yang termasuk didalamnya.
3. Apa saja manfaat, tujuan dan fungsi dari evaluasi bila ditinjau dari berbagai segi.
4. Apakah saja ciri-ciri penilaian dalam pendidikan ?
5. Apa dan bagaimana evaluasi dalam pendidikan Islam ?
C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan kami mengemukakan makalah ini adalah :
1. Untuk memenuhi tuntutan tugas pada mata kuliah filsafat pendidikan islam,
2. Untuk dapat belajar dan lebih mendalami serta memahami hakikat evaluasi pendidikan,
3. Untuk mengetahui apakah makalah kami dapat bermanfaat, digunakan, diperbaiki atau dibuang.
BAB II
HAKIKAT EVALUASI PENDIDIKAN
A. Pengertian Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi
Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan suatu ukuran dan bersifat kuantitatif.
Menilai ialah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk dan bersifat kualitatif.
Evaluasi yaitu meliputi kedua langkah diatas, yakni pengukuran dan penilaian.
Dalam istilah asingnya, pengukuran adalah measurement, sedangkan penilaian adalah evaluation,yang artinya suatu proses untuk mengetahui ketercapaian sebuah tujuan dengan cara mengukur dan menilai sebuah kegiatan berdasarkan parameter tertentu.
Menurut Norman E. Gronlund (1076) “evaluation a systematic process of determining the extent to wich instructional objectives are achieved by pupils”, yang artinya evaluasi adalah suatu proses yang sistematik untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa.
B. Penilaian Pendidikan
Penilaian pendidikan adalah kegiatan menilai yang terjadi didalam kegiatan pendidikan.Kegiatan tersebut meliputi beberapa tahapan yaitu ;
a. Input
Yaitu bahan mentah (calon anak didik) yang dimasukkan kedalam transformasi (tempat pengolahan/sekolah).
Sebelum memasuki suatu tinkat sekolah (institusi), clon siswa itu dinilai dahulu kemampuannya.
Dengan evaluasi ini akan dapat diketahui apakah kelak ia akan mampu mengikuti pelajaran dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan kepadanya.
b. Output
Yaitu bahan jadi yang dihasilkan oleh transformasi (siswa yang lulus).
Untuk menentukan apakah seorang siswa berhak lulus atau tidak, perludiadakan evaluasi.
c. Transformasi
Yaitu mesin yang bertugas mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi (sekolah).
Unsur-unsur transformasi sekolah tersebut antara lain ;
• Guru dan personal lainnya,
• Bahan pelajaran,
• Metode mengajar dan system evaluasi,
• Sarana penunjang,
• Sisem administrasi.
d. Umpan balik (Feed Beck)
Yaitu segala informasi, baik yang mnyengkut output maupun transformasi.
Umpan balik diperlukan untuk memperbaiki input maupun transformasi.
C. Manfaat Evaluasi
1. Manfaat evaluasi bagi siswa
• Memuaskan
Jika siswa memperoleh hasil yang memuaskan maka hal itu akan menyenangkan baginya dan memotivasi belajar yang lebih giat agar dikesempatan mendatang ia mendapatkan yang lebih baik lagi.
• Tidak memuaskan
Jika siswa tidak puas dengan hasil yang diperoleh, ia akan berusaha agar hal itu tidak terulang lagi.
2. Manfaat evaluasi bagi guru
• Guru dapat mengetahui siswa-siswa mana yang sudah berhasil menguasai bahan dan yang belum menguasai bahan pelajaran.
• Guru akan mengetahu apakah materi yang diajarkan sudah tepat bagi siswa.
• Guru akan mengetahui apakah metode dan alat yang digunakan sudah tepat atau belum.
3. Manfaat evaluasi bagi sekolah
• Hasil belajar (penilaian dari guru-guru) merupakan cermin kualitas sekolah.
• Informasi dari guru tantang kurikulum sekolah dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perencanaan sekolah dimasa mendatang.
• Informasi hasil penilaian yang diperoleh setiap tahun, dapat dijadikan pedoman bagi sekolah untuk mengetahui apakah sekolah sudah memenuhi standar atau belum.
D. Tujuan evaluasi
Dengan mengetahui manfaat evaluasi ditinjau dari berbagai segi dalam sistem pendidikan, maka dengan cara lain dapat dikatakan bahwa tujuan evaluasi ada beberapa hal yaitu ;
1. Selektif
Seleksi bertujuan untuk ;
• Memilih siswa yang dapat diterima disekolah,
• Memilih siswa yang dapat naik kelas atau tingkat berikutnya,
• Memilih siswa yang berhak mendapat beasiswa,
• Memilih siswa yang berhak lulus/meninggalkan sekolah, dsb.
2. Diagnostic
Yaitu evaluasi berfungsi untuk mendiagnosa sebab-musabab kelemahan yang terjadi pada siswa, agar lebih mudah mencari cara untuk mengatasinya.
3. Sebagai penempatan
4. Pengukur keberhasilan
Yaitu untuk mengetahui sejauh mana suatu program berhasil diterapkan.
E. Ciri – Ciri Penilaian dalam Pendidikan
1. Penilaian dilakukan secara tidak langsung
2. Menggunakan ukuran secara kuantitatif (menggunakan simbol bilangan) sebagai hasil pertama pengukuran,lalu diinterprestasikanpada bentuk kualitatif.
3. Penilaian pendidikan menggunakan unuit-unit atau satuan-satuan yang tetap,
4. Bersifat relative (tidak sama atau tidak selalu tetap dari satu waktu kewaktu yang lain.
F. Evaluasi dalan Pendidikan Islam
Evaluasi dalam pendidikan islam merupakan cara atau teknik penilaian terhadap tingkah laku anak didik berdasarkan standar perhitungan yang bersifat komprehensif dari seluruh aspek-aspek kehidupan mental psikologi dan spiritual-religius, karena manusia hasil pendidikan islam bukan saja sosok pribadi yang tidak hanya bersikap religious, melainkan juga berilmu dan berketerampilan yang sanggup beramal dan berbakti kepada Tuhan dan masyarakatnya.
Sasara-saran dari evaluasi pendidikan Islam secara garis besar meliputi empat kemampuan dasar anak didik yaitu ;
1. Sikap dan pengamalan terhadap arti hubungan dirinya dengan Tuhannya,
2. Sikap dan pengamalan terhadap arti hubungan dirinya dengan Masyatakat,
3. Sikap dan pengamalan terhadap arti hubungan kehidupannya dengan alam sekitarnya,
4. Sikap dan pengamalan terhadap dirinya sendiri selaku hamba Allah dan selaku anggota masyarakat serta selaku khalifah dimuka bumi (sebagai pemukiman lingkungan hidupnya.
Sasaran-sasaran evaluasi tersebut dirumuskan dalan berbagai pertanyan atau statemen-statemen yang disjikan kepada anak didikuntuk ditanggapi.hsil dari tanggapan mereka kemudian dianalisis secara psikologis, krena yang menjadi pokok persoalan evaluasi adalah sikap mental dan pandangan dasar dari mereka sebagai manifestasi dari keimanan dan keislaman serta keilmupengetahuannya.
Sebagai contoh sistem evaluasi Tuhan terhadap manuisa adalah dalam surah Al-Baqarah; 155 sebagai berikut;
ولنبلونكم بشيئ من الخوف والجوع ونقص من الاًموال والاًنفس والتمراًت وبشرالصابرين. (البقراه ؛ ه ه ا)
Artinya ;
“Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan.Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”.
Ada tiga tujuan pedagogis dari sistem evaluasi Tuhan terhadap manusia yaitu ;
a. Untuk menguji daya kemampuan manusia beriman terhadap berbagai macam problema kehidupan yang dialaminya.
b. Untuk mengetahui sejauh mana hasil pendidikan wahyu yang telah diterapkan Rasulullah SAW terhadap umatnya.
c. Untuk mnentukan klasifikasi atau tingkatan keislaman atau keimanan manusia.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari pemaparan tersebut diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kata evaluasi (Evaluation) adalah suatu proses untuk mengetahui ketercapaian sebuah tujuan dengan cara mengukur dan menilai sebuah kegiatan berdasarkan parameter tertentu.
Menurut Norman E. Gronlund evaluasi adalah suatu proses yang sistematik untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa.
Penilaian pendidikan adalah kegiatan menilai yang terjadi didalam kegiatan pendidikan.Kegiatan tersebut meliputi beberapa tahapan yaitu input, output, transformasi dan umpan balik (feed beck).
Manfaat evaluasi ditinjau dari berbagai segi yaitu antara lain terbagi atas;
- Manfaat evaluasi bagi siswa
- Manfaat evaluasi bagi guru
- Manfaat evaluasi bagi sekolah.
Maka dengan cara lain dapat dikatakan bahwa fungsi evaluasi ada beberapa hal yaitu evaluasi berfungsi selektif, diagnostic, sebagai penempatan dan pengukur keberhasilan.
Adapun ciri-ciri evaluasi (penilaian) dalam pendidikan yaitu; penilaian dilakukan secara tidak langsung, menggunakan ukuran secara kuantitatif, penilaian menggunakan unit-unit atau satuan-satuan yang tetap dan bersifat relative.
Evaluasi dalam pendidikan Islam merupakan cara atau teknik penilaian terhadap tingkah laku anak didik berdasarkan standar perhitungan yang bersifat komprehensif dari seluruh aspek-aspek kehidupan mental psikologi dan spiritual-religius.
B. Saran – Saran
Tanpa evaluasi kita tidak akan bisa mengetahui seberapa jauh keberhasilan siswa, dan tanpa evaluasi pula kita tidak akan adaperubahan menjadi lebih baik, maka dari ituciptakanlah ide kreatif untuk menciptakan evaluasi yang kreatif, inovatif dan menyenangkan sehingga dapat menciptakan hasil evaluasi yang baik dan optimal agar bisa bermanfaat bagi kita semua untuk dapat membantu mewujudkan proses evaluasi yang baik, dan menjadikan pendidikan kedepan lebih baik danlebih majudalam menyongsong kemajuan zaman globalisasi.
DAFTAR PUSTAKA
Ihsan, Hamdani. Filsafat Pendidikan Islam. Pustaka Setia, Bandung ;1998.
Blog-Indonesia.com/Blog-Archive
Dokumens.multiply.com/journal/item/34
Evaluasi mau tidak mau menjadi hal yang penting dan sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar, karena evaluasi dapat mengukur seberapa jauh keberhasilan anak didik dalam menyerap materi yang diajarkan, dengan evaluasi, maju dan mundurnya kualitas pendidikan dapat diketahui, dan dengan evaluasi pula kita dapat mengetahui titik kelemahan serta mudah mencari jalan keluar untuk berubah lebih baik kedepan.
MAKALAH
Diajukan untuk memenuhi tugas matakuliah “Filsafat Pendidikan Islam”…
Dosen Pembimbing : MUHAMMAD ILMI, S.Pd.I
Lokal/Semester : C/IV “(eksekutive)”
Oleh :
Kelompok VII
4. Rian Arif 6. Sri Utami
5. Syaifullah 7. Siti Zakiyah
6. Raudah 8. Siti Fatimah
4. Rini Vebriani 9. Siti S. Puji Astuti
5. Syarifah 10.
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
KUALA KAPUAS
2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Diajukanuntukmemenuhitugasmatakuliah’’PERENCANAAN SISTEM PAI’’
DosenPembimbing :H. MARKASID, M.Pd.
DisusunOleh : HILALUL FITRIAH
Lokal/Semester : H/III “(eksekutive)”
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
KUALA KAPUAS
2010/2011
RencanaPelaksanaanPembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMPN-1 Kapuas Kuala
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas/Semester : VII / I (Ganjil)
StandarKompetensi :1. Menerapkan hokum bacaan“Al” Syamsiyah&“Al”Qomariyah.
KompetensiDasar :1.2Membedakan hokum bacaan“Al” Syamsiyah& “Al” Qomariyah.
Indicator :
Membedakanlafadz yang mengandung“Al” Syamsiyah& “Al” Qomariyahdarisegitulisan.
Membedakanlafadz yang mengandung“Al” Syamsiyah& “Al” Qomariyahdarisegibacaan.
Alokasiwaktu : 1x 40 menit (1 x Pertemuan).
A. TujuanPembelajaran
Siswadapatmembedakan hokum bacaan “Al” Syamsiyahdan “Al” Qomariyahdarisegitulisanmaupunbacaan.
B. MateriPembelajaran
Perbedaanlafadz yang mengandung “Al” Syamsiyah dan “Al” Qomariyahdarisegitulisan.
Perbedaanlafadz yang mengandung “Al” Syamsiyah dan “Al” Qomariyahdarisegibacaan.
C. MetodePembelaajrn
Model Cooperative Learning
Pendekatan CTL
Tanya Jawab
D. Langkah – LangkahKegiatanPembelajaran
1. KegiatanPendahuluan
Guru mengucapkansalampembuka, do’abersama, Guru mengisidaftarhadirsiswa.
Guru bertanyamengenaipengertian “Al” Syamsiyah& “Al” Qomariyah.
Guru membagisiswamenjadibeberapakelompokkecil (Small Group), besertaketuakelompoknyamasing-masing.
2. KegiatanInti
Guru memaparkancontoh-contohlafadz yang mengandung bacaan “Al” Syamsiyah &“Al” Qomariyah,siswadiperintahkanmancariperbedaannyadarisegitulisan.
Siswamencari, menemukandanmengklasifikasikancontoh-contoh “Al” Syamsiyah& “Al” Qomariyahbersamakelompoknyamasing-masing.
Guru mendemonstrasikancaramembacalafadz yang mengandungbacaan “Al” Syamsiyah& “Al” Qomariyah, siswamenyimakdanmenemukanperbedaannya.
Siswamenemukandanmengemukakanperbedaanbacaan “Al” Syamsiyah& “Al” Qomariyah.
3. KegiatanPenutup
Guru bersamasiswamelakukanrefleksimengenaikegiatanbelajarmengajarhari ini. Bermanfaatatautidak? Menyenangkanatautidak?
Guru member tugas agar siswamengerjakan LKS dirumah.
E. SumberBelajar
BukuAyo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid I/Kelas VII, EdisiStandarisi 2006, Tim Abdi Guru, PenerbitErlangga, Jakarta.
LKS MGMP PAI SMP
Mushaf Al-Qur’an, dsb.
F. Penilaian
Teknik :
TesTertulis
BentukInstrumen :
TesIsian, tugasindividu
Sidomulyo, Desember2011
Mengetahui :
KepalaSekolah Guru Mata Pelajaran
OCTAVIANUS, S.E SRI UTAMI
NIP. 195610061982031007
ContohInstrumen :
1. Lafadz mengandungbacaan “Al” ?
2. Lafadz mengandungbacaan “Al” ?
3. Ayat mengandungbacaan “Al” ?
4. Ayat mengandungbacaan “Al” ?
5. Ketika membaca “Al” Syamsiyah, bunyilaam-nyameleburkedalamhurufsesudahnya, sedangkanketikamembaca “Al” Qomariyahbunyilaam-nya ?
KunciJawaban :
1. “Al” Qomariyah.
2. “Al” Syamsiyah.
3. “Al” Qomariyah.
4. “A” Syamsiyah.
5. Dibacajelas.
RubrikPenilaian :
No. Soal Indikator KegiatanPenilaian Skor
1. Membedakanlafadz yang mengandung “Al” Syamsiyah& “Al” Qomariyahdarisegitulisan. Dijawabbenar
Dijawabkurangtepat 2
1
2. Dijawabbenar
Dijawabkurangtepat 2
1
3. Dijawabbenar
Dijawabkurangtepat 2
1
4. Dijawabbenar
Dijawabkurangtepat 2
1
5. Membedakanlafadz yang mengandung “Al” Syamsiyah& “Al” Qomariyahdarisegibacaan.
Dijawabbenar
Dijawabkurangtepat 2
1
1
LembarKerjaSiswa (LKS)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas/Semeter : VIII/Ganjil
KompetensiDasar :
Membedakanlafadz yang mengandung “Al” Syamsiyah& “Al” Qomariyahdarisegitulisan.
Membedakanlafadz yang mengandung “Al” Syamsiyah& “Al” Qomariyahdarisegitulisan.
1. Tujuan :
Memahamicontoh-contoh “Al” Syamsiyahdan “Al” Qomariyah.
2. AlatdanBahan : Mushaf Al-Qur’an
3. Cara Kerja :
Carilahcontoh-contohkalimat“Al” Syamsiyahdan “Al” Qomariyah yang terdapatdalammushaf Al-Qur’an, catathukum masing-masingcontohpada table pengamatan.
TabelPengamatan
No. ContohKalimat Hukum
1. ……. …….
2. ……. …….
3. ……. …….
4. ……. …….
5. ……. …….
6. ……. …….
7. ……. …….
8. ……. …….
9. ……. …….
10. ……. …….
RencanaPelaksanaanPembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMPN-1 Kuala Kapuas
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
kelas/Semester : VIII / I (Ganjil)
StandarKompetensi : 1. Memahamitatacarapuasa
KompetensiDasar : 1.2 Mempraktekkanpuasawajib
Indicator :
Menjelaskanpengertian,hukum, syarat, danhal-hal yang membatalkanpuasa.
Mengetahuimacam-macampuasawajib
Hafalniatpuasawajib
Alokasiwaktu : 1x 40 menit (1 x Pertemuan).
A. TujuanPembelajaran
Siswadapatmenjelaskanpengertian, hukum, syarat, danhal-hal yang membatalkanpuasa.
Siswamengetahuimacam-macampuasawajib
Siswadapatmenghafalniatpuasawajib
B. MateriPembelajaran
Pengertian, hukum, syarat, danhal-hal yang membatalkanpuasa.
Macam-macampuasawajib
Niatpuasawajib
C. MetodePembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Demonstrasi
CTL
D. Langkah – LangkahPembelajaran
1. KegiatanPendahuluan
Apersepsi
Guru memotifasisiswadengancaramenggalipernyataansiswatentangpuasawajib.
2. KegiatanInti
Guru menjelaskanpengertian,hukum, syarat, danhal-hal yang membatalkanpuasa.
Guru menjelaskanmacam-macampuasawajib.
Guru memaparkanlafadzniatpuasawajibsecaralisandantulisan, siswamenyimak, menyalindanmenghafalnya.
3. KegiatanPenutup
Guru membantusiswamembuatkesimpulanterhadappelajaranhariini.
Guru bersamasiswamelakukanrefleksimengenaikegiatanbelajarmengajarhariini. Bermanfaatatautidak? Menyenangkanatautidak?
Memerikantugasrumah.
E. SumberBelajar
BukuAyo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid I/Kelas VII, EdisiStandarisi 2006, Tim Abdi Guru, PenerbitErlangga, Jakarta.
LKS MGMP PAI SMP
BukuAd’iyah
Mushaf Al-Qur’an.
F. Penilaian
Teknik :
- Testertulis
- Teslisan
-
BentukInstrumen :
- Tesessay
- Praktek
Kuala Kapuas, Desember 2011
Mahasiswi
SRI UTAMI
ContohInstrumen :
TesEssay
1. Jelaskanpengertianpuasa!
2. Jelaskanhukumpuasawajib !
3. Sebutkansyarat-syaratpuasawajib !
4. Sebutkanhal-hal yang membatalkanpuasawajib !
5. Sebutkanmacam-macampuasawajib !
KunciJawaban :
1. Puasaialahmenahandiridarisegala yang membatalkanpuasamulaidariterbitnyafajarhinggawaktumagribdenganniattertentu.
2. Hukumpuasawajib (puasaRamadhan, puasaQodho, puasaKafarat, danpuasaNazar) yaituwajib (harusdilakukan).
3. SyaratWajibPuasayaitu:
• Islam
• Baligh
• Berakal
• Sucidarihaid,nifasdanwiladah
• Menetap
• Sanggupberpuasa
4. Hal-hal yang membatalkanpuasayaitu :
• Makan, minum, bersetubuhdengansengaja
• Memasukkansesuatukedalamperutlewat kerongkungan, berupamakanan yang tidak mengenyankan, sepertigaramdansebagainya.
• Muntahdengansengaja
• Melihatbulan
• Kedatanganhaid
• Mengeluarkanmanidengansengaja (onani)
5. Macam-macampuasawajibyaitu:
• PuasaRamdhan
• PuasaNazar
• PuasaKafarat
• PuasaQodho’
RubrikPenilaian :
No. Soal Indikator KegiatanPenilaian Skor
1. Menjelaskanpengertian, hukum, syarat, danhal-hal yang membatalkanpuasa. Dijawabbenar
Dijawabkurangtepat 2
1
2. Dijawabbenar
Dijawabkurangtepat 2
1
3. Dijawabbenarsemua
Dijawabbenar lima
Dijawabbenarempat
Dijawabbenartiga
Dijawabbenardua
Dijawabbenarsatu
Dijawabsalahsemua 6
5
4
3
2
1
1
4. Dijawabbenarsemua
Dijawabbenar lima
Dijawabbenarempat
Dijawabbenartiga
Dijawabbenardua
Dijawabbenarsatu
Dijawabsalahsemua 6
5
4
3
2
1
1
5. Mengetahuimacam-macampuasawajib Dijawabbenarsemua
Dijawabbenartiga
Dijawabbenardua
Dijawabbenarsatu
Dijawabsalahsemua 4
3
2
1
1
LembarKerjaSiswa (LKS)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas/Semeter : VIII/Ganjil
KompetensiDasar : 1.2 Mempraktekkanpuasawajib
4. Tujuan : Menghafalkanlafadzniatpuasawajib
5. AlatdanBahan : BukuAd’iyah (bukudoa-doa)
6. Cara Kerja :
Siswadimintamajusatupersatumenghafalkandoa-doa (lafadzniat) puasawajib.
7. Aspek-aspek yang dinilai :
No. Aspekketermpilan Nilai
1.
2.
3. Cara membacalafadzniatpuasa
Ketepatanbacaan
Ketuntasanhafalan …..
…..
…..
Jumlahnilai …..
Rata-rata nilai …..
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar